Bocoran Android 11 Beserta Fitur-Fiturnya, Bubbles Hingga 5G

Bocoran Android 11 Beserta Fitur-Fiturnya, Bubbles Hingga 5G

Bocoran Android 11 Beserta Fitur-Fiturnya, Bubbles Hingga 5G

 

Bocoran Android 11 Beserta Fitur-Fiturnya, Bubbles Hingga 5G
Bocoran Android 11 Beserta Fitur-Fiturnya, Bubbles Hingga 5G

Android 11 versi pengembang kini sedang dalam masa uji coba yang dapat dijajal oleh pengguna ponsel Pixel.

Sebelumnya, Google pun telah membocorkan beberapa informasi mengenai fitur yang bakal hadir di sistem operasi baru tersebut.

Meski terbilang banyak fitur yang sudah ada di Android 10, tapi Google menjanjikan akan ada peningkatan seperti dukungan untuk 5G, fitur privasi yang lebih baik dan antarmuka aplikasi pesan baru.

Uji coba ini dapat dilakukan pada ponsel Pixel 2, 3, 3A, atau 4, dan hanya bisa diinstal dengan flash penuh yang akan menghapus semua data pengguna.

Dengan kata lain, disarankan bagi yang ingin mencobanya, gunakan ponsel yang bukan perangkat utama atau digunakan dalam keseharian.

Berikut sejumlah fitur yang dapat dicoba pada Android 11 versi pengembang yang juga kemungkinan bakal hadir ketika perilisan resminya.

Bubbles (Gelembung Notifikasi)

Fitur ini sempat disebut akan masuk ke Android 10. Bubbles atau gelembung notifikasi memungkinkan aplikasi muncul dalam ukuran kecil di layar ketika ada pemberitahuan baru.

Dengan kata lain, fitur ini layaknya pesan pop-up yang dapat berfungsi untuk membuat sejumlah percakapan lebih cepat dan mudah diakses kapan saja.

Saat ini, tampaknya hanya aplikasi pesan Google saja yang mendukung fitur tersebut. Tetapi bukan tidak mungkin kedepannya juga dapat digunakan untuk aplikasi apa pun seperti Whatsapp, Facebook Messenger dan lain sebagainya.

Conversations

Bersama dengan bubbles, Google juga hadirkan bagian conversations yang muncul di area notifikasi.

Dengan itu tampilan pesan akan dipecah sesuai aplikasinya guna memberikan kemudahan ruang untuk melakukan komunikasi.

Peningkatan Keamanan Penggunaan Aplikasi (App permission)

Pada Android 11, Google mengklaim akan ada peningkatan keamanan privasi. Salah satunya adalah membatasi akses aplikasi terhadap penggunaan fitur seperti kamera dan mikrofon.

Dengan kata lain, pengguna mempunyai opsi memberikan izin sementara ke aplikasi untuk mengakses fitur-fitur tersebut pada ponsel. Hal ini bertujuan sama dengan pembatasan akses lokasi yang telah disematkan pada Android 10.

Itu berarti akses lokasi, kamera dan mikrofon dapat diberikan hanya ketika aplikasi dalam keadaan aktif, bukan berjalan di background (latar belakang).

Sehingga dengan fitur kemanan yang ditingkatkan ini membuat privasi pengguna lebih terjaga dan terhindar dari tracking melalui lokasi, kamera ataupun mikrofon pada perangkat.

Screen Recording

Setelah sempat menghilangkannya pada Android 10 versi final, fitur perekaman layar ini akan kembali hadir di Android 11 dengan tampilan yang lebih baik.

Dengan begitu, pengguna Android tak perlu lagi mengunduh dan menginstal aplikasi screen recorder pihak ketiga ketika sudah menggunakan Android 11 nanti.

5G

Teknologi 5G pun tak ketinggalan disematkan. Hal ini lantaran semakin banyaknya kebutuhan akan fitur tersebut yang bakal diadopsi sejumlah negara beberapa tahun mendatang.

Dark Mode Otomatis

Penggunan fitur dark mode atau mode gelap yang dihadirkan sejumlah aplikasi dan sistem operasi, termasuk Android, kian diminati oleh banyak pengguna.

Fitur ini sebenarnya bukan hal yang baru, karena di Android 10 sendiri sudah memilikinya. Namun pada Android 11, kini pengguna bisa menjadwalkan mode gelap agar dapat aktif secara otomatis di waktu yang telah ditentukan.

Selain itu, Android 11 juga hadir dengan perubahan ataupun penambahan lain seperti dukungan yang lebih baik untuk ponsel layar lipat, layar waterfall dan layar hole punch.

Ada pula sistem update aplikasi di Play Store yang lebih mudah. Koneksi Bluetooth

untuk audio yang akan tetap menyala ketika airplane mode dihidupkan, serta Gesture Motion Sense untuk mengatur pemutaran musik (khusus Pixel 4), sebagaimana diwartakan The Verge.

Baca Juga: