Faktor Pendorong Terjadianya Urbanisasi

Faktor Pendorong Terjadianya Urbanisasi

Faktor Pendorong Terjadianya Urbanisasi

Faktor Pendorong Terjadianya Urbanisasi
Faktor Pendorong Terjadianya Urbanisasi
Faktor pendorong merupakan kadaan-keadaan tertentu yang mendorong penduduk desa harus meninggalkan desa menuju ke kota.  Di antara foktor pendorong tersebut, faktor kemiskinan  desa-desa sering menjadi pendorong utamanya. Penyebabnya kemiskinan itu dapat  bermacam-macam, misalnya cepat bertambahnya penduduk yang tak seimbang dengan percepatan pertambahan persediaan tanah pertanian  baru,  adanya mekanisasi  pertanian  dan terdesaknya kerajinan rumah tangga  di desa-desa oleh  produk  industri modern lain itu, juga akibat kurangnya fasilitas untuk hidup, minimnya pendidikan  yang tersedia di desa, dan makin menyempitnya peluang berusaha di desa. Hal itu mendorong orang untuk meninggalkan  desanya dan mencari kesempatan serta kenikmatan hidup yang lebih baik di kota-kota besar.
PERKEMBANGAN ILMU  PENGETAHUAN  DAN TEHNOLOGI  SERTA INDUSTRIALISASI DI INDONESIA
Proses modernisasi di suatu masyarakat sedang berkembang, misalnya Indonesia, tidak bisa dilepaskan dari masalah  perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi (IPTEK) serta proses industrialisasi yang menyertainya. Kedua hal tersebut  merupakan tolak ukur yang sering digunakan untuk menilai apakah suatu  Negara telah melakukan  proses modernisasi atau belum dan sejauh mana proses  modernisasi telah berkembang. Pengembangan IPTEK di satu sisi  dan poses  indiostrialisasi di sisi lain  merupakan dua hal yang sangat penting bagi proses modernisasi di Negara sedang berkembang.
 Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Tehnologi
Perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi (IPTEK) di suatu Negara  pada umunya bergantung pada banyak faktor. Masing-masing Negara memiliki strategi  dan caranya sendiri untuk mengembangkan iptek dan melancarkan proses industrialisasi, faktor perkembangan iptek di antaranya adalah sumber daya alam dan manusia
a.    Sumber Daya Alam dan Manusia
Ketersediaan sumber daya alam dan manusia  sangat penting untuk melihat sejauh mana kesiapan Indonesia  memasuki era iptek dan industrialisasi. Selama in Indonesia  sangat mengandalkan  sumber daya alam dan manusia. Ditinjau dari segi jumlah, sumber daya alam dan sumber daya manusia Indonesia sangat  melimpah di banding dengan Negara-negara lain. Akan tetapi, untuk memasuki era iptek dan industrialisasi, kita tidak bisa hanya mengandalkan  pada faktor kualitas (jumlah) sumber daya alam dan manusia
 Stategi Kebijakan Ekonomi
Tingkat perkembangan tehnologi  juga   dipengarhui oleh strategi kebijakan ekonomi yang ditempuh. Kebijakan ekonomi yang pertama di dasarkan  pada usaha untuk mengembangkan produksi barang yang memiliki keunggulan komparatif. Adapun kebijakan ekonomi yang kedua didasarkan  pada  penciptaan industri bertehnologi  tinggi yang mempunyai nilai  tambah besar. Kedua strategi itu telah  diterapkan   dalam kebijaksanan ekonomi Indonesia selama ini.
Industrialisasi di Indonesia
Pengembangan iptek dan strategi  ekonomi yang diambil  Negara mempunyai konsekwensi  khusus terhadap perkembangan industri di Negara bersangkutan. Ketika pemerintah dalam kebijakan  ekonomi  menekankan  strategi  keunggulan  komparatif hal itu ikut mempengaruhi pilihan tehnologi yang diambil dari sektor  industri yang dikembangkan. Pilihan tehnologi tidak begitu  menjadi  perhatian utama dalam  strategi  keunggulan komparatif.
Kesimpulan
bahwa  banyak masyarakat Indonesia yang telah mengalami  perubahan diberbagai aspek  kehidupan  akibat adanya modenisasi. Untuk itu, upaya yang harus  dilakukan Indonesia  adlah meningkatkan kualitas  sumber daya manusia di segala aspek kehidupan  agar tercipta masyarakat Indonesia yang cerdas dan bertanggung jawab.