Hadapi UN, Siswa Perkuat Mental

Hadapi UN, Siswa Perkuat Mental

Hadapi UN, Siswa Perkuat Mental

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tinggal sebentar lagi. Persiapan terus dilakukan oleh siswa untuk menghadapi ujian tersebut, mulai dari persiapan materi pelajaran hingga mental. Seperti yang dilakukan oleh ratusan siswa SMA sederajat di Kota Bekasi kemarin, mereka mengikuti kegiatan terapi mental menghadapi UN di SMK Karya Bhakti 2.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh For Community and Useful Solution (Focus) tersebut, khusus untuk siswa kelas XII. Acara bertajuk Motivation Training for UN (MTfUN) digagas oleh Yayasan Focus sebagai bentuk perhatian bagi pelajar yang akan melaksanakan UN di bulan Maret-April mendatang.

Pelatihan ini menghadirkan trainer hipnoterapis Asep Arwin Kotsara. Mengambil

tema ‘Sukses UN, Sukses Kerja, Sukses Masa Depan’, pelatihan menarik ini berhasil menggaet kehadiran peserta sebanyak 160 orang pelajar.

Para peserta yang hadir di MTfUN adalah perwakilan dari sekolah-sekolah yang ada di Kota Bekasi, khususnya sekolah di regional Bekasi Timur. Mereka mengikuti kegiatan ini tanpa dipungut biaya. Selama acara berlangsung, peserta tampak sangat bersemangat.

Selain diisi pelatihan hipnoterapi, MTfUN juga diisi dengan selayang pandang dunia

kerja di era industri 4.0. Salah seorang pemateri Bambang Purwanto, membagi pengalaman dan pengetahuannya tentang dunia kerja bagi lulusan pelajar SMK/SMA.

Dalam pemaparannya, karyawan perusahaan otomotif ternama ini menyoroti kondisi terkini demografi sosial angkatan kerja di Indonesia, tantangan, dan peluang kerja di era digital. “Pelajar harus bisa menggali keahlian dan peluang yang sesuai agar bisa bersaing di dunia kerja era ini.” tegasnya.

Acara MTfUN juga diramaikan dengan aksi wish list, yaitu penulisan harapan para

peserta selepas mengikuti pelatihan ini.  Selain melalui wish list, panitia juga memfasilitasi pengisian feedback acara lewat aplikasi Google Form. Seluruh peserta terlihat senang dan memberikan kesan positif terhadap acara ini. Mereka juga berharap adanya rutinitas tahunan pengadaannya.

Salah seorang guru SMK KGB2, Muhammad Alko, mengaku senang anak didiknya bisa ikut merasakan manfaat acara ini. “Anak-anak sangat senang ikut acara ini. Semoga pelatihan ini membuat mereka semakin baik di sekolah,” imbuhnya.

 

Baca Juga :