Menulis, Cara Guru Profesional Dalam Mengembangkan Kualitas Pendidikan

Menulis, Cara Guru Profesional Dalam Mengembangkan Kualitas Pendidikan

Menulis, Cara Guru Profesional Dalam Mengembangkan Kualitas Pendidikan

 

Guru adalah pendidik profesional yang mempunyai tugas, fungsi dan berperan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dalam mencapai visi pendidikan 2025 yaitu menciptakan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif.

Konsekuensi dari jabatan guru sebagai profesi, diperlukan suatu sistem pembinaan dan pengembangan terhadap profesi guru secara terprogram, berkelanjutan, dan proporsional.

Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) merupakan salahsatu kegiatan yang dirancang untuk mewujudkan terbentuknya guru yang profesional.

Demikian disampaikan Cucu Agus Hidayat, usai menerima kunjungan tim penilai penilaian kinerja kepala sekolah di SMP Negeri 3 Tegalwaru Purwakarta, 26 Oktober 2017.

“Diantara wujud nyata PKB itu adalah guru membuat karya tulis ilmiah yang

dipublikasikan. Karya tulis tersebut dapat berupa penelitian tindakan kelas, pengembangan atau penemuan metode baru pengajaran, dan pembuatan/pemodifikasian alat pelajaran/peraga. Sementara publikasi ilmiah adalah penyebarluasan hasil karya tulis ilmiah pada jurnal atau media lainnya,” tutur Kepala SMPN 3 Tegalwaru tersebut.

Sebagai guru profesional, Cucu berusaha memberikan contoh kepada rekan-rekannya dengan menyusun buku bersama teman se-profesinya, Rikrik Halimatussadiah, M.Pd (Kepala SMPN 5 Purwakarta, red.) dengan judul “Cara Gampang Menulis Artikel Jurnal Ilmiah”.

“Saya bersama bu Rikrik mencoba membuat buku praktis yang diharapkan dapat

membantu rekan-rekan guru lainnya dalam menulis karya tulis ilmiah sebagai bagian dari PKB.” imbuhnya.

Cucu memberikan kenang-kenangan buku karyanya tersebut kepada tim penilai penilaian kinerja kepala sekolah.

Ahmad Arif Imamulhaq, salah seorang tim penilai dari unsur Dewan Pendidikan Kabupaten Purwakarta mengapresiasi positif terkait penyusunan buku tersebut.

“Saya kira kita patut memberikan apresiasi atas karya ini. Pa Cucu di sela-sela

kesibukannya sebagai guru dan kepala sekolah masih menyempatkan diri menulis buku. Dan, buku yang dibuatnya bersama bu Rikrik ini sangat bermanfaat bagi rekan-rekan guru lainnya karena berkaitan langsung dengan kebutuhan pengembangan profesi guru,” ujar Sekretaris Dewan Pendidikan ini.

“Dan, saya kira menulis bagi guru profesional merupakan salahsatu cara terbaiknya meningkatkan kualitas pendidikan,” pungkas Arif.

Baca Juga :