Reaktor TRIGA Sudah Berusia 54 Tahun, Ini Kemampuan Nuklir Indonesia

Reaktor TRIGA Sudah Berusia 54 Tahun, Ini Kemampuan Nuklir Indonesia

Reaktor TRIGA Sudah Berusia 54 Tahun, Ini Kemampuan Nuklir Indonesia

BANDUNG – Reaktor riset pertama yang dimiliki Indonesia, yakni Reaktor TRIGA, pada 20 Februari besok genap berusia 54 tahun. Namun hingga kini masih sanggup beroperasi dan berfungsi dengan baik.

Reaktor berkapasitas awal 250 Kw yang berlokasi di Jalan Tamansari No 71, Bandung, Jawa Barat itu diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 1965. Ini menandao babak awal perkembangan teknologi nuklir di Indonesia.

Kepala Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT), Badan Tenaga Nuklir

Nasional (BATAN), Jupiter Sitorus Pane mengatakan, untuk meningkatkan kapasitas reaktor, maka pada tahun 1971 daya reaktor ditingkatkan dari 250 kW menjadi 1.000 kW yang selanjutnya pada April 1996 dilakukan peningkatan daya untuk kedua kalinya hingga mencapai 2.000 kW.
Reaktor TRIGA Sudah Berusia 54 Tahun, Ini Kemampuan Nuklir Indonesia

“Proses up-grading ini telah dilaksanakan sampai tahap commissioning nuklir dan

pencapaian daya 2000 kW. Kini reaktor telah mempunyai daya 2000 kW, maka nama reaktor diubah menjadi Reaktor TRIGA 2000 dan diresmikan pengoperasiannya oleh Wapes Megawati Soekarnoputri pada 24 Juni 2000,” kata Jupiter, usai memimpin rapat persiapan peringatan ulang tahun PSTNT ke-54, di Gedung PSTNT, Bandung.

Baca Juga:

Jangan Khawatir Berlebihan, Ini Cara Hancurkan Virus Corona COVID-19
Jerman Uji Vaksin BCG untuk Aktifkan Kekebalan Tubuh Kurangi Proses COVID-19

Reaktor TRIGA 2000 menurut Jupiter, pada 2011 hingga 2016 sempat dihentikan

operasinya dikarenakan batang kendali reaktor sudah melebihi batas operasinya. Yakni jumlah fraksi bakar terhadap bahan bakarnya telah melebihi yang dipersyaratkan yakni 50%. Selain itu, karena pertimbangan usia, perlu dilakukan penguatan struktur gedung reaktor untuk mengantisipasi apabila terjadi kecelakaan sebagaimana yang telah direkomendasikan oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten).

 

sumber :

https://solidaritymagazine.org/weather-apk/