Sekda Depok Bicara Soal HAM di Hadapan 50 Guru SD

Sekda Depok Bicara Soal HAM di Hadapan 50 Guru SD

Sekda Depok Bicara Soal HAM di Hadapan 50 Guru SD

Sekda Depok Bicara Soal HAM di Hadapan 50 Guru SD

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok

Hardiono hari ini menjadi pembicara di Seminar Hak Asasi Manusia (HAM). Dalam kegiatan yang digagas Sekretariat Daerah (Setda) Bagian Hukum ini, dirinya membahas tentang pengertian HAM dan bentuk-bentuknya dalam perundangan-undangan.

Hardiono mengatakan

HAM merupakan seperangkat hak yang melekat pada manusia yang wajib dihormat. Dikatakannya, hak tersebut dilindungi oleh negara secara hukum demi kemaslahatan dan perlindungan terhadap manusia.

“Definisi ini merujuk pada Undang-undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM,” katanya saat membuka seminar HAM di The Margo Hotel Depok,  Selasa (30/07/2019).

Di hadapan sekitar 50 guru Sekolah Dasar (SD)

Hardiono menuturkan, ada delapan bentuk-bentuk HAM dalam undang-undang. Yaitu hak kebebasan untuk berpendapat, hak kedudukan yang sama di mata hukum, hak kebebasan berkumpul,  dan hak kebebasan beragama.

“Selanjutnya, hak penghidupan yang layak, hak kebebasan berserikat,  dan hak mendapatkan pendidikan,” lanjutnya.

Selain dari ketujuh bentuk tersebut, sambung Hardiono, manusia juga memiliki hak atas informasi. Yaitu setiap orang berhak memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya.

pelanggaran HAM

“Maka dari itu, setiap perbuatan yang mengurangi, menghalangi, membatasi, atau mencabut hak-hak itu dapat dikategorikan sebagai pelanggaran HAM,” pungkasnya.

Artikel terkait :